Friday, September 15, 2006

Busway, unsolving way... (1)

(Tadinya mau kasih judul Busway, Wrong Way, tapi kayanya terlalu egois n terkesan men-judge.. ) Anyway.. Jalanan di Jakarta udah makin ga jelas, dimana mana berantakan.. fly over yg di roxymas ga selesai2 juga (kasihan Roxy square jadi sepi pengunjung), masih aja tuh macet untuk ngelewatin rel kereta dan jg krn penyempitan ruas jalan yg di pake buat 'nyimpen pondasi2 fly over. Trs jalur busway yg di gajah mada, entah mau di apain lagi, Sampai2 Busway jadi keliatan egoisnya.. kok mereka boleh masuk ke ruas jalur mobil pribadi? enak sekali..pokoknya Jakarta seperti di acak2 deh skr, coba saja main2 ke mampang-buncit-pasarminggu, ancol-senen, kuningan, kampung melayu-pramuka-pulogadung.. Apalagi jalur2 koridor Busway yg baru.. huaahh! mau gila rasanya kalo harus kemana mana skr, dulu waktu koridor 1 sih ga berasa buat saya, nah waktu koridor 2 mulai aga2 kearasa deh... kalo mau ke arah2 gajah mada or roxy gitu, ya ampyun.. dan saya pernah nge test (iseng skali ya nge-test2), saya mau nyobain naik busway dr pulomas, ke citraland and balik lagi.. dan sodara2, it was amazing, total waktu yg terbuang untuk PP Pulomas-Citraland-Pulo Mas lagi itu nyaris 5 Jam!!! Kesel bgt rasanya, nungguin bus yg datengnya superlama, trs saya harus ikut berjubel jubel di dalem halte yg ventilasi udaranya buruk, berjibaku buat masuk ke dalam bus, dan naik bus yg berisikan cendol manusia2 yg ga pny rasa sabar. Knp dibilang ga pny rasa sabar? soalnya saya di selak beberapa kali, sama yg cw cantik malah tuh.. hehehe memang hidup di Jakarta hrs kaya gitu kali ya, ignore the rules & ethics to survive. Dan sekarang, koridor 3-4 jeng jenggg! nightmare warga yang tinggal di daerah saya akhirnya kejadian, jalan pemuda-pramuka mulai di bikin jalur busway, dan gila nya, semua lintasan puter balik di jalan pemuda ketutup semua oleh beton2 calon jalur bus itu.. nyusahin aja deh! Jalur ini sengaja di buat lebih tinggi, jadi mau ga mau kita yg pemakai jalan jadi "terlatih", anggep aja Busway udah ada.. tapi invisible hehehe... karena memang jalurnya udah No Way untuk di lewatin sama mobil2 pribadi.. ga kaya yg di jalur blok M - Kota. Skr Saya kalau mau meeting, harus 2 jam sblm wkt yg di tentuin lbh baik jalan, apalagi kalau ke arah2 selatan gitu.. karena utk ngelewatin jalan pemuda n pramuka aja, skr penting bgt macetnya gara2 1 jalur uda di tutup. Dulu kalo mau meeting di PI bisa 1 jam sebelum nya baru jalan.. kalo skr.. tough luck deh ya.. Dulu kalo naik taksi (tarif lama) mungkin cuman 25 ribu.. skr bisa 35 ribu..hahaha.. edan! waktu hilang banyak, uang pun keluar lebih banyak jg.. jadi memang merugikan khan? Saya pernah lewatin jalan gunung sahari, abis dr mangga dua, ASTAGA, macet yg menuju arah Senen itu bener2 kronis deh..sblm ada beton busway aja udah macet karena Lapak2 kaki lima yg kekeuh ga mau pindah itu.. kebayang khan skr kaya gimana.. It seems penguasa Jakarta ini ga mikir mateng sebelum melakukan sesuatu... semuanya mengandalkan Trial-Error & let it be. Jadi konsep apapun yang di anggap akan memperbaiki hidup orang banyak dalam ber-transportasi, hanya jadi ajang Praktikum.. kalo gagal ya gapapa.. tapi tetep di terapkan.. aneh. I'm sure mereka2 ga pernah ngalamin apa yg masyarakat rasakan. Waktu dulu di terapin jalur khusus bus paling kanan aja ga ngaruh apa2, karena memang aturan nya jg ga ketat, yg selalu jadi target tilang tetep mobil pribadi karena ga sengaja 2 detik masuk ke lintasan itu krn di sebelah kiri ada bus sembarangan berhenti, nah kalo bus2 nakal itu, jarang di tilang memang kalo badung, entah alasan apa, palingan cuman di marahin atau busnya di getok pake pentungan Polantas. Jakarta berantakan, banyak waktu warga terbuang di jalan, banyak juga business opportunity yg jadi ikut macet.. Orang bilang, Time is Money, dan uang ga akan bisa beli waktu... beli jam tangan atau jam dinding tentu bisa..

5 Comments:

At 9/23/2006 08:26:00 AM, Blogger avianto said...

sebenarnya... tidak ada yang baru dgn busway loh.

1. jalur khusus bus, dulu jg jalur paling kiri adalah jalur utk angkutan umum kan?
2. sesama bus dilarang saling mendahului, dulu juga gitu kan?
3. berhenti harus di halte, lah, dulu juga gitu???

makanya, sedih ya? yang harusnya bisa dilakukan secara natural kalau di jakarta harus dipaksa =(

 
At 11/07/2006 09:00:00 PM, Blogger farahPutri said...

Memang pembangunan busway bikin macet,ya? tapi gw termasuk golongan orang yang percaya kalo busway pasti akan jadi transportasi pilihan warga jakarta.

Bayangin aja, pasti kita pernah kan ngeliat mobil2 di antara kemacatan dengan hanya berpenumpang 1-2 orang saja?

Kalau 1-2 orang mau berkorban sedikit saja, niscaya Jakarta akan berkurang kemacetannya.

Bner bgt kata Avianto, kita harus dipaksa agar terbiasa.

Btw, nice blog u have here..salam kenal :")

 
At 11/17/2006 11:56:00 AM, Blogger MOJO said...

hi Farah, thanks udah mampir :) salam kenal juga ...

pada intinya sih gw ga komplain keseluruhan project ini, karen pun gw kemana mana masih sering pake public transport, cuman ya itu.. pelaksanaannya ga ke manage aja dgn baik.. dan 'yg punya jkt' pun bilang, "warga jkt sekalian di 'tempeleng' aja.. biar terbiasa" which is true.. hehee.. yg kaya gw aja berasa di tempeleng.. apalagi yg bawa kendaran pribadi, sopir taksi dll..
cuman ya itu tadi, kesadaran n pengorbanan ga ada di semua yg punya mobil khan.. hihi.. dan yg punya kendaran pribadi juga punya pedoman "macet ora macet, sing penting naik mobil sendiri.. aman dan sejuk" hehehehe..

 
At 1/27/2007 11:02:00 AM, Blogger Manik Cantik said...

byk yg gw suka dari busway, murah, sopirnya ganteng2 and cantik2, pake AC , and berhubung bikin macet jadi gw bisa sambil bobo malah kadang2 mimpi indah...

 
At 2/26/2007 11:22:00 AM, Anonymous Anonymous said...

hmmm... besok lusa saya ada meeting di Kelapa Gading, saya dari citraland, kebetulan ngga bisa pake mobil, jadi rencana naik busway daripada taxi, besok akan jadi pengalaman ke 2 naek busway, semoga lebih menyenangkan dari pengalaman pertama saya :) *meski dalam hati tidak optimis :P

Karena masih awam pake busway, saya search google dan nemu blog ini, ternyata memang banyak orang yang agak2 masih merasa ruginya ada busway daripada untungnya :) *termasuk saya?!

Untuk adanya busway sendiri saya seh happy, Indonesia bisa lebih maju sedikit di sarana transportasi, tapi memang untuk pelaksanaan pembangunannya kurang matang, terlebih kalo mikir duitnya dikorupsi ngga, wah bisa makan ati dan pengin nangis deh kalo sampe beneran di korupsi, kita sengsara, rakyat sengsara, yang enak oknumnya. :) btw thanks for sharing :)

 

Post a Comment

<< Home