Monday, February 05, 2007

Enjoy Jakarte II

4 February 2007
Akhirnya hari ini, gw beraniin jalan keluar kompleks, bareng sama Roy, kita mau liat keadaan di beberapa tempat, naek motor. Jam nunjukin udah 19:00.
First destination, mau ke Gading.. sambil bawa handycam and digicam. Kawasan kayuputih raya, tepatnya di depan supermarket Superindo, banyak bener mobil parkir.. setelah nanya ke pak polisi, katanya mobil2 itu adalah milik sebagian warga kelapa gading, tanah mas dan kayuputih dalam. Jadi mereka pada ngungsi, tidur di mobil dan bulak balik ke gading, pake jasa gerobak ambifi yang semakin hari semakin banyak aja armadanya (supply n demand).
Lewatin pusat keramaian, pandangan udah mulai gelap, tapi keliatan kalo banjirnya tinggi.. sampe lewatin pinggang orang dewasa (yang tingginya 160cm).

Bener2 mencekam deh ngeliatnya... akhirnya gw putusin untuk naek gerobak, untuk menuju perempatan Kayuputih-Kelapa Gading. 30 ribu perak, setelah nawar2.. tadinya 40 ribu pulang pergi.. wah bener2 memanfaatkan sikon ya .. bagus lah.. namanya juga 'dagang'.
Ternyata semakin jauh, makin serem aja... gelap gulita, Gereja GKI juga kebanjiran, rumah2 kemasukan air... trs suara longlongan anjing juga kedengeran... mungkin mereka di tinggal sama yg punya rumah..
Belum sampe di perempatan Gading, gw akhirnya minta balik aja.. ngeri juga malem2 gitu.. sepanjang perjalanan gw shooting suasana disana, ada beberapa perahu karet yang di isi sama ibu n anak, di tarik sama bapaknya.. banyak juga yang naik gerobak.. wah pokoknya miris bgt deh ngeliatnya..

Gw putusin untuk balik lagi besok siang aja, pas masih terang...
Akhirnya perjalanan gw sama roy lanjut ke mau manggarai, lewatin jalan pramuka... wih di perempatan pramuka-salemba-matraman, udah kaya danau...

Motor berenti sebentar di flyover Pramuka, dan keliatan di hook jalan salemba-pramuka yang ada komplek jasa rental komputer ( biasa di pakai buat ngetik skripsi, terjemahan bahasa, dan photocopy).. udah kerendem setengah toko..!

Lanjut lagi ke Pintu Air manggarai,

and sampe di depan terowongan jln Tambak ke jln Sultan Agung.. banjirnya udah lebih tinggi dari mobil kijang, jadi praktis ga ada yg bisa lewat situ..


Dari Manggarai, lanjut lagi ke jalan sabang yg katanya juga kena banjir... lewatin jalan di Ponegoro, Imam Bonjol... Zona ini mah aman syelalu... Sampe di jln sabang... masih rame sih sama yg jualan sate, nasi goreng nasi gila dll... cuman yang makan ga ada... dan sisa banjir juga masih ada dikit..

Akhirnya balik deh... sayang jg sih jalannya malem2, jadi ga banyak yang bisa dilihat... mudah2an besok bisa memantau lagi... dan bisa bantu2 evakuasi or kirim makanan..

4 Comments:

At 2/05/2007 11:47:00 AM, Anonymous thalia said...

ih, gila! gelap banget! serem! ga kayak jakarta ya... bukannya ujan udah brenti? kok level airnya ga turun2 ya?

 
At 2/05/2007 03:32:00 PM, Blogger MOJO said...

Iya thal gelap se gelap2nya.. dan barusan temen gw yg tinggal di gading sempet mampir ke rumah.. cerita kalo udah mulai banyak maling yang manfaatin rumah2 kosong.. gila bener deh..
beberapa tempat masih banyak yg sepinggang thal banjirnya.. apalagi kelapa gading tuh.. baru surut 2-5 cm..

 
At 2/05/2007 10:22:00 PM, Anonymous yoel said...

Dari tv juga gw denger kasusnya sama, nggak mau semua ngungsi krn takut dimasukin maling. Makanya biasanya ada yg tinggal 1 org dirumah.

Kalo serem thal seremen rusuh mei 98, sumpah!

 
At 2/05/2007 10:38:00 PM, Blogger MOJO said...

iya bener bgt tuh Yoel, tapi kalo yg di perumahan elite, kebanyakan yang di tinggal di rumah adalah maid nya .. kasian juga di tinggal gitu, sementara empunya rumah ngungsi ke hotel..

itu waktu gw jalan ke gading, banyak bener2 orang yang menyeramkan dengan tatapan premannya.. hii gw ampe parno sendiri, makanya pas udah gelap ga brani foto2..

 

Post a Comment

<< Home